Newest Post

// Posted by :iswaramba // On :Thursday, May 3, 2012


MENGATASI RASA MALAS SAAT BELAJAR
            Kewajiban seorang siswa adalah belajar. Hal tersebut mengharuskan remaja-remaja yang sedang bersekolah agar selalu serius dalam menempuh pelajaran di sekolah. Semua ini demi menggapai cita-cita setinggi langit yang sedari kecil telah dicita-citakan oleh masing-masing individu. Namun tak sedikit dari anak-anak atau remaja sekarang yang telah memiliki cita-cita namun masih kerap merasa malas ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Hal ini sebenarnya hal yang wajar karena belajar adalah hal yang dilakukan hampir setiap hari. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pelajar jika sedang merasa jenuh atau malas saat belajar.
            Pertama, rasa malas ketika belajar dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang tidak bagus. Flu, demam, anemia atau kecapekan dapat menambah kemalasan ketika belajar. Hal ini dapat dicegah dengan gaya hidup sehat, rajin berolah raga, meminum suplement tubuh, meminum vitamin, tidak memakan berbagai makanan berpengawet, memastikan telah tidur cukup serta telah memastikan terkena anemia atau tidak. Hal tersebut karena anemia dapat sangat mangganggu karena membuat tubuh benar-benar lemas serta menimbulkan rasa malas yang sangat karena kurangnya haemoglobin dalam darah. Anemia dapat di lihat dari ciri-ciri yaitu jika kelopak mata dibuka dan dalam kelopak mata tersebut berwarna keputih-putihan dari warna awal merah, maka kemungkinan orang tersebut menderita anemia. Jadi hal pertama yang harus kita tangani saat merasa malas belajar adalah memeriksa kesehatan tubuh kita.
            Kedua, harus menemukan inovasi-inovasi terbaru dalam belajar. Rasa malas dalam belajar dapat timbul karena kebosanan pada pelajaran dengan cara belajar yang itu-itu saja. Agar rasa malas tersebut dapat ditekan, kita harus pandai-pandai menemukan cara-cara belajar yang unik. Cara belajar yang unik dapat ditempuh dengan:
1.      Manfaatkan situs-situs internet
Jika kita pandai dalam memanfaatkan berjuta-juta situs-situs internet yang ada. Banyak dari situs-situs internet yang ada telah menyediakan pembelajaran dengan metode yang menarik. Seperti kuis yang dapat memacu adrenali dan kecepatan kita dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang diberi. Selain itu banyak pula situs-situs internet yang menyajikan bahan-bahan pembelajaran dengan cara games seperti puzzle dan sebagainya.
2.      Bawa sedikit camilan dan minuman dingin saat belajar. jika dalam kelas tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman, kalian dapat melakukan cara ini dirumah. Mengunyah, menurut para ilmuan dapat membantu mempercepat kerja otak. Jadi jika saat belajar kalian mengunyah makanan, otak kalian dapat bekerja lebih bagus lagi.
3.      Temukan karakter belajar sendiri. Jika kalian sering merasa bosan saat belajar, mungkin saja itu disebabkan oleh ketidak tepatan metode belajar yang kalian gunakan. Pertama kenali diri anda sendiri. Karena cara belajar masing-masing orang berbeda. Ada yang merasa nyaman belajar di tempat keadaan sepi, belajar berkelompok, belajar sambil mendengarkan musik, belajar di udara terbuka bahkan ada beberapa orang yang menyukai belajar sambil mematahkan pensil-pensil mereka.
4.      Tanamkan pikiran-pikiran positif pada pikiran anda. Rasa malas dalam belajar dapat saja timbul karena anda merasa pelajaran tersebut adalah pelajaran yang sangat rumit. Anda selalu menyatakan pada diri anda sendiri bahwa anda pasrah terhadap nilai berapa saja yang anda dapatkan nanti. Percaya atau tidak pernyataan-pernyataan tersebut yang anda nyatakan dan tanamkan pada diri anda akan disampaikan oleh syaraf-syaraf pada otak kalian. Otak meresponnya dan mengerjakan ketakutan anda. Hal tersebut yang dapat menambah kemalasan anda saat belajar.
5.      Pasang target pada pembelajaran. Jika anda merasa belajar membosankan, anda dapat memberi sedikit stimulan pada diri anda. Yaitu memasang hadiah yang akan anda berikan pada diri anda sendiri jika misalnya nanti anda menndapat nilai bagus atau mendapatkan juara. Cara ini dapat memberi stimulan pada diri anda untuk bekerja dengan lebih giat meski dengan imbalan.
6.      Menjalankan peraturan ketat pada pikiran anda sendiri. Menjalankan peraturan ketat ini maksudnya adalah anda membuat peraturan anda sendiri saat belajar. Misalnya, “Saya akan bermain games itu setelah saya mengerti benar sub bab trigonometri ini” atau “Saya akan menonton film terbaru di bioskop itu setelah seluruh pelajaran fisika yang diterangkan oleh guru siang tadi saya pelajari kembali dan saya mengerti”. Dalam metoode ini anda harus menanamkan perasaan takut jika anda tidak dapat menjalankan peraturan yang telahh anda buat tadi.
7.      Ingat orang-orang yang anda cintai. Jika anda merasa malas saat belajar, ingatlah orang-orang anda cintai. Mama, atau papa. Bayangkan mereka yang berusaha keras telah menyekolahkan anda. Bayangkan betapa bahagianya mereka jika melihat anda pulang membawa nilai rapor yang dapat mereka banggakan pada semua teman mereka. Cara ini akan sangat efektif bagi anda yang sangat mencintai orang tua anda.
            Pada akhirnya rasa malas saat belajar dapat anda atasi hanya dengan kemauan dan kesadaran anda sendiri sebagai seorang pelajar. Anda dapat mencoba cara-cara diatas untuk mengurangi rasa malas anda ketika belajar. selamat mencoba.


// Copyright © San'say Orstegile Blog //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //